1. Jurnal   [Kembali]







3. Video Praktikum   [Kembali]  



4. Analisa   [Kembali]

1. Apa pengaruh clock pada rangkaian percobaan?
        Pengaruh clock pada rangkaian adalah untuk membedakan jumlah power/bit yang memasuki rangkaian, karena clock itu sendiri merupakan suatu pulsa-pulsa periodik yang berbentuk bujur sangkar, clock digunakan pada flip flop untuk mengubah keadaan pada salah satu sisi naik atau turun dari pulsa clock. Pada Asynchronous Counter fungsi clock adalah untuk mentrigger SR Flip-flop 1, apabila mendapati  sinyal sebelumnya adalah 1 dan setelahnya 0 maka clock akan masuk ke flip-flop selanjutnya begitu seterusnya sehingga membentuk pola menyerupai urutan secara biner.
       Pada percobaan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pada saat clock aktif maka setiap 1 bit nilai dari logikanya juga akan berubah, pada H0 nilai dari logika akan berubah setiap 2 bit dan pada H1 nilai dari logika nya akan berubah setiap 4 bit, pada H2 nilaid dari logika akan berubah setiap 8 bit dan pada H3 nilai dari logikanya akan berubah setiap 16 bit.
2. Analisa output yang dihasilkan melalui prinsip rangkaian percobaan!
       Berdasarkan bentuk timing yang terdapat pada jurnal, untuk output Q yang pertama di pacu oleh nilai pulsa pada clock. setelah itu untuk output Q berikutnya dari flip flop 1 menjadi clock untuk  flip-flop 2,  sedangkan output Q dari flip-flop 2 menjadi clock untuk flip-flop 3 dan seterusnya. Perubahan pada negatif edge di masing-masing clock flip-flop sebelumnya menyebabkan flip-flop sesudahnya berganti kondisi (toggle), sehingga input-input J dan K di masing-masing flip-flop diberi nilai "1" (sifat toggle dari JK flip-flop). setelah selesai 1 periode sampai pada led terakhir, maka akan di reset kembali dan di mulai dari awal.
     Output pada rangkaian berupa urutan biner, dikarenakan pada clock yang merupakan suatu deretan pulsa yang naik atau turun secara periodik, maka ketika mentrigger flip-flop pertama akan menghidupkan lampu LED pertama, dan mentrigger flip-flop kedua agar menghidupkan LED, setelah mati flip-flop pertama maka akan menghidupkan flip-flop kedua, dan mentrigger flip-flop ketiga begitu seterusnya sampai flip-flop ke-empat, sebuah flip-flop akan mati apabila flip-flop sebelumnya telah mencapai satu kali periode. Sebelum pulsa pertama datang dan masuk ke input, seluruh output counter Q3,2,1,0 dibuat 0 dengan menggunakan direct clear walaupun sebentar saja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkaian Dasar Dot Matrik

OP AMP (PEMBANGKIT SINYAL)

Rangkaian Memori dan Decoder-nya